INFO
  • Ing Ngarso sung Tulodho, Ing Madyo Mangun Karso, Tut wuri Handayani
  • Mari bersama membangun Desa

Grebek Suronan, peringatan tahun baru jawa ala Kelompok Barongan Desa Bulu

09 Juli 2024 Admin Berita Lokal Dibaca 180 Kali

Suronan atau waktu pergantian tahun hitungan jawa, atau muharoman dalam adat budaya islam jawa, masih selalu menjadi waktu yang sakral bagi masyarakat jawa, sehingga seringkali ada perayaan atau peringatan adat untuk melahirkan sesuatu yang dianggap sakral tersebut. Begitupun bagi masyarakat Desa Bulu, khususnya generasi sepuh. 

Bertempat di lapangan parkir desa Bulu, pada tanggal 8 Juli 2024 kemarin, Kelompok Barongan "New Gembong Aji Seto" Desa Bulu mengadakan pentas/pagelaran tunggal untuk memeriahkan perayaan pergantian tahun jawa 2024 dengan meminjam istilah yang populer di masyarakat jawa yakni "Grebek Suronan".

Pagelaran Kesenian Barongan kali ini menjadi berbeda, karena didukung oleh peralatan yang komplit dan besar, Dimulai dengan tata panggung yang berukuran 10x12 m, sound system yang menggelegar, dan tata lampu yang komplit yang sangat mendukung pagelaran tersebut serta perangkat gamelan yang tertata apik menjadikan pagelaran "Grebek Suronan" Kelompok Barongan ini sangat mewah untuk ukuran Desa kecamatan.

Silakan tulis komentar dalam formulir berikut ini (Gunakan bahasa yang santun)
Formulir Komentar (Komentar baru terbit setelah disetujui Admin)
CAPTCHA Image
Isikan kode di gambar